Mencari Data di Blog Ini :

Friday, November 6, 2009

Mendustakan Nikmat?!

M. Quraish Shihab menerangkan bahwa nikmat diartikan oleh sementara ulama sebagai “segala sesuatu yang berlebih dari modal.” Lalu, adakah manusia memiliki sesuatu sebagai modal? Jawabnya, “Tidak.” Bukankah hidupnya sendiri adalah anugerah Allah?


هَلْ أَتَى عَلَى الْإِنْسَانِ حِيْنٌ مِنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًا مَذْكُوْرًا

Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa, sedang dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut?
(QS al-Insân [76]: 1)


كَيْفَ تَكْفُرُوْنَ بِاللهِ وَكُنْتُمْ أَمْوَاتًا فَأَحْياَكُمْ ثُمَّ يُمِيْتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيْكُمْ ثُمَّ إِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ


Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nyalah kamu dikembalikan.
(QS al-Baqarah [2]: 28)


Semua nikmat berasal dari Allah, karena Allah adalah Dzat Yang Maha Memberi Nikmat (Al-Mun‘im).

وَمَا بِكُمْ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللهِ

Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya).
(QS an-Nahl [16]: 53)

Dengan semua nikmat yang telah dianugerahkan Allah, kita ditanya oleh-Nya,

فَبِأَيِّ آَلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”
(QS ar-Rahmân [55]: 13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75, 77)

Para ulama menganalisis jumlah pengulangan ayat (31x) dan mengelompokkannya:
  • Delapan pertanyaan berkaitan dengan nikmat dalam kehidupan di dunia, antara lain nikmat pengajaran Al-Qur’an, pengajaran berekspresi, langit, bumi, matahari, lautan, tumbuh-tumbuhan dan sebagainya.
  • Tujuh pertanyaan berkaitan dengan ancaman siksa neraka di akhirat nanti. Perlu diingat bahwa ancaman adalah bagian dari pemeliharaan dan pendidikan, serta merupakan salah satu nikmat Allah.
  • Delapan pertanyaan berkaitan dengan nikmat yang diperoleh di surga pertama.
  • Delapan pertanyaan berhubungan dengan nikmat di surga kedua.
Dari hasil tersebut, para ulama menyusun semacam “rumus”, yaitu siapa yang mampu mensyukuri nikmat-nikmat Allah yang disebutkan dalam rangkaian delapan pertanyaan pertama—syukur seperti makna yang dikemukakan di atas—maka ia akan selamat dari ketujuh pintu neraka yang disebut dalam ancaman dalam tujuh pertanyaan berikutnya. Sekaligus dia dapat memilih pintu-pintu mana saja dari kedelapan pintu surga, baik surga pertama maupun surga kedua, baik surga (kenikmatan duniawi) maupun kenikmatan ukhrawi.

Dengan demikian, repetisi pertanyaan di 31 ayat tersebut adalah renungan, nasihat dan peringatan bagi kita.

Namun, kiranya jarang sekali bahkan mungkin tak ada di antara kita yang merasa diri telah mendustakan nikmat yang telah dianugerahkan Allah.

Bisa juga terjadi, kita sudah merasa dan mengakui telah mendustakan nikmat Allah, namun hanya berupa tulisan dan perkataan, tak ada langkah kongkret yang kita lakukan 'tuk memperbaiki diri. Entah mengapa! Kondisi kita persis seperti sindiran umum, “Kalau cuma ngomong, anak TK pun bisa. Buktikan dong!”
Mari kita perhatikan salah satu nikmat Allah, yaitu jantung. Detak jantung ditimbulkan oleh jantung itu sendiri, bukan bersandar kepada bagian tubuh lainnya. Itu kenapa, ketika kita tidur pun—saat banyak organ tubuh lainnya beristirahat—jantung tetap berdetak.

Untuk lebih memahami kehebatan anugerah Allah, mari kita buat jantung buatan. Dengan demikian, bila ada seseorang rusak jantungnya, cukup diganti dengan jantung buatan ini. Ada dua kelemahan jantung buatan ini, yaitu:
  • Bagaimana agar jantung tersebut terus berdetak? Disuplai saja dengan baterei seperti hand phone. Jika baterei habis, harus di-charge. Jika saat ini banyak terdapat hot spot, dengan jantung buatan ini harus ada charger spot di mana-mana. Bisa juga menggunakan sensor elektronik untuk mengontrol detak jantung dan juga aliran darah yang mengalir ke dalamnya, sebagaimana penemuan ilmuwan Perancis. Dengan konsep ini pun, sensor harus tetap diperhatikan sensitivitasnya.
  • Jika hendak mendekati orang yang kita segani/cintai, degup jantung cenderung tetap; tak berubah. Tak ada rasa deg-degan, darah berdesir dan sejenisnya.
Subhanallâh. Betapa besar nikmat Allah kepada kita. Lantas, apa yang telah kita lakukan sebagai bukti bahwa kita tidak mendustakan nikmat jantung tersebut? Mari merenung sejenak!
. . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . .

Di Tafsir Ibnu Jarir ath-Thabari dijelaskan bahwa آلاء bisa pula dimaknai “kekuasaan”. Berikut ini penjelasan di tafsir tersebut:
حدثني يونس، قال: أخبرنا ابن وهب، قال: قال ابن زيد في قوله: ( فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ ) قال: الآلاء: القدرة، فبأيّ آلائه تكذّب خلقكم كذا وكذا، فبأيّ قُدرة الله تكذّبان أيها الثَّقَلان، الجنّ والإنس.

Jadi, Allah mengajukan pertanyaan kepada kita, “Maka, kekuasaan Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”
Adakah kita hendak mengingkari kekuasaan Allah?
Adakah kita hendak melupakan kekuasaan Allah?
Adakah kita hendak mengabaikan kekuasaan Allah?
Adakah kita hendak meremehkan kekuasaan Allah?

Jika kita menjawab “Tidak,” mari periksa lagi apa saja yang kita kerjakan setiap hari. Benarkah jawaban kita sesuai dengan kenyataan? Mari kita rinci tiap 15 menit. Mengapa 15 menit? Karena kalau rentang waktu melebar, biasanya terlihat kegiatan kita padat sekali. Oleh karena itu, 15 menit adalah rentang waktu yang lebih fair dalam menilai kesibukan kita sehari-hari.

Mari kita catat, sedang apakah kita saat pukul:
  • 07:00 – 07:15
  • 07:15 – 07:30
  • 07:30 – 07:45
  • 07:45 – 08:00
  • dan seterusnya sampai dengan pukul 07:00 hari berikutnya

Daftar Pustaka:

  • Maktabah Syamilah al-Ishdâr ats-Tsâniy


  • M. Quraish Shihab, Dr, “Wawasan Al-Qur’an – Tafsir Maudhu‘i atas Pelbagai Persoalan Umat”, Penerbit Mizan, Cetakan XIX : Muharram 1428H/ Februari 2007


  • http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/1835872-mengapa-jantung-terus-berdetak/


  • #Semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin…#

    5 comments:

    1. Saya sangat senang membaca tulisan2 Anda. Bacaan ringan tp sarat makna. Walau blm lama menemukan blog ini tp skrg, ini adalah blog yang sering saya buka.Terima kasih atas tulisan2nya.Moga tuk seterusnya makin banyak orang yang membacanya.

      ReplyDelete
    2. salam mas faisol..
      terimakasih untuk-Nya,,telah mempertemukan saya dengan blog ini,,
      awalnya,, cuma baca2 ubudiyah di situs NU,, akhirnya kutemukan juga mas faisol ini...

      ReplyDelete
    3. terima kasih saya haturkan atas kunjungan sampean berdua ke gubug saya...

      salam kenal juga... u/ semua doa yg disampaikan, amin... semoga blog ini menjadi ilmu yg bermanfaat & Multi Level Pahala (MLP) bg kita semua, amin...

      ReplyDelete
    4. "Semoga Allah memburukkan kedua tanganmu (khotib Jumat yang mengangkat kedua tangannya ketika berdoa saat khutbah)" (Atsar shahih)
      Bagi saya makna atsar tsb adalah khotib dan jamaah tidak mengangkat kedua tangan saat khotib berdoa.
      Tidak boleh ada Qiyas dalam ibadah, karena "semua yg mendekatkan ke surga dan menjauhkan dari neraka telah disampaikan".
      Berdoa mengangkat tangan saat khutbah dilakukan Rasul ketika ada sahabat meminta beliau agar Allah menurunkan hujan. Hal ini tdk bisa dijadikan qiyas di setiap khutbah bagi khotib yg janggutnya dicukur dan jamaah yg janggutnya dicukur utk berdoa mengangkat kedua tangan.
      "Semoga Allah memburukkan kedua tanganmu" (atsar shahih)

      Apa pendapat Antum atau Ulama tentang Nikmat Allah bahwa Rasul menyampaikan risalah semua masuk Islam (fissilmi kaffah) agar bisa masuk jannah?
      Baca tafsir QS Ali Imram 20 dan Al Baqarah 208.
      Apa ada yang merayakan kelahiran Nabi Isa alaihi salam mau melaksanakan sholat fardhu (Shubuh s/d Isya) berjamaah di Masjid?
      Apa ada muslim yg kaffah mau merayakan kelahiran Rasul-Nya dan mendoakan dgn menyanyikan doa (misal shalawat Badar) menyelisihi Al-Ahzab 56?
      Antum agamanya bukan Islam Kaffah, ya? Mendoakan agar umat Islam hatinya lembut dan mau beribadah seperti merayakan kelahiran, menyanyikan doa, memakai rosario (biji tasbih), memperingati kematian 1-7, 40, 100 hari seperti yg dilakukan kaum non muslim?
      Hadits palsu antum bela agar diterapkan. Hadits shahih antum cari celahnya agar ditinggalkan.
      Lebih baik mendoakan agar semua orang dilembutkan hatinya dan Fissilmi Kaffah.
      Lebih baik memberitahukan "Apakah kamu mau masuk Islam", kpd non muslim, mas.
      Itu Surah dan ayat berapa, mas Faisol?

      ReplyDelete
    5. saudaraku Odi Aswanda yg baik,

      saya nggak ngerti maksud arah tulisan sampean... Apalagi sampean menulis:
      Hadits palsu antum bela agar diterapkan. Hadits shahih antum cari celahnya agar ditinggalkan.

      Memangnya, hadits palsu mana yg saya bela...? di blog saya, semua hadits saya cantumkan riwayat & statusnya...

      saudaraku,
      saya punya Maktabah Syamilah... jd, kalau sampean hendak berdiskusi, mari berdiskusi satu per satu...

      begitu dulu, saudaraku...

      ReplyDelete